Putra Putri Sayyidina Ali kw

 

 

Dari perkawinan Sayyidina Ali bin Abi Tholib kw dengan siti Fathimah binti Rosulillah SAW, Alloh menganugrahkan tiga putra dan dua putri, masing masing Al Hasan ra, Al Husin ra dan Muhsin .Sedang yang putri Ummu Kaltsum ra dan Zainab ra.

Ummu Kaltsum ra menikah dengan Sayyidina Umar Ibnul Khottob ra, sedang Zainab ra menikah dengan Abdulloh bin Ja’far bin Abi Tholib ra.

Selain dari perkawinannya dengan Siti Fathimah ra, beliau Sayyidina Ali kw mempunyai putra sebanyak 12 orang dan putri sebanyak 17 orang.

Memang ada beberapa riwayat mengenai jumlah putra putri Sayyidina Ali kw, ada yang mengatakan jumlahnya 25 orang, ada yang mengatakan 28 orang dan dalam kitab At Thobagot karya Ibin Saad  diceritakan semuanya berjumlah 33 orang, 14 Putra dan 19 putri.

Selain nama nama yang sudah kami sebutkan diatas, ada tiga orang yang namanya seperti nama Rosululloh SAW, yaitu Muhammad. Dan untuk membedakan nama nama tersebut, maka yang terbesar Muhammad Al Akbar yang kemudian dikenal dengan nama Muhammad ibnu Hanafiyyah. Kemudian yang tengah ditambah dengan Al Ausot, sedang Muhammad yang ketiga ditambah dengan Al Asghor yang artinya Muhammad yang terkecil

Kemudian ada dua putra Sayyidina Ali kw yang namanya Abdulloh, yang besar Abdulloh Al Akbar dan yang kecil Abdulloh Al Asghor. Selanjutnya putranya diberi nama Ja’far dan Abbas.

Putra putra  Sayyidina Ali kw juga ada yang diberi nama dengan nama nama kholifah sebelum beliau yaitu Abubakar, Umar dan Utsman. Pemberian nama nama tersebut selain Tabarrukan dengan ketiga Kholifah juga sekaligus membuktikan kecintaan Sayyidina Ali kw kepada ketiga Kholifah Rodhi Allohu Anhum.

 

Pemberian nama dengan nama ketiga Kholifah tersebut diikuti terus sampai sekarang oleh Ahlul Bait dan keturunannya. Terkecuali mereka yang sudah terkena Virus Syiah.

 

Selain nama nama diatas, maka dua putranya yang lain, beliau beri nama Yahya dan Onn.

 

Adapun nama nama putri Sayyidina Ali kw, selain yang dari Siti Fathimah ra, maka dalam kitab At Thobagot oleh Ibin Saad disebutkan sbb:

 1. Rugayyah ra.                     2. Ummul Hasan ra.

 3. Romlah Al Kubro ra.         4. Ummu Hani ra.

 5. Maimunah ra.                    6. Zainab As Sughro ra.

 7. Romlah As Sughro ra.       8. Ummu Kaltsum Assughro ra

 9. Fathimah ra.                    10. Umamah ra.

11. Khodijah ra.                   12. Ummul Kirom ra.

13. Ummu Salamah ra.        14. Ummu Ja’far ra.

15. Jumanah ra.                    16. Nafisah ra.

17. Belum sampai diberi nama karena meninggal waktu lahir.

 

Demikian telah kami sampaikan nama nama dari putra dan putri Sayyidina Ali kw., yang bersumber dari kitab At Thobagot karya  Ibin  Saad.

Wallohu A’lam Bishshowaab.

 

***